Meningkatkan Motivasi  Kerja Karyawan

Motivasi dalam suatu pekerjaan memang sangat penting. Itu semua guna untuk menjalankan suatu perusahaan dengan optimal. Motivasi dalam pekerjaan, bisa menghilang di tengah beban rutinitas pekerjaan yang begitu tinggi.

Dan jika semangat dalam bekerja rendah dapat berdampak fatal bagi perusahaan, terutama pada kinerja para karyawaan. Sehingga produktivitas akan semakin rendah dan akhirnya bisa menghambat tujuan suatu perusahaan tersebut.

Memang sangat berat menjadi pemimpin yang mampu mengarahkan karyawaanya dengan baik dalam suatu perusahaan. Karena kadar emosi masing-masing orang berbeda-beda.

Terkadang, suasana hati mempengaruhi dalam memimpin atau pun dipimpin dalam hal tersebut. Dan motivasi dalam sekumpulan orang merupakan bahan bakar bagi mereka yang membutuhkan. Sehingga secara continue atau terus menerus harus diisi kembali karena ia akan terus berkurang dari waktu ke waktu.

Jika memiliki emosi yang tidak bisa diatur dengan baik, maka seorang pemimpin dikatakan gagal dalam hal ini. Karena seorang pemimpin yang baik adalah yang mampu mengatur ego di dalam dirinya.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki peran penting disini dalam meningkatkan kembali semangat atau memotivasi mereka.

Lalu, langkah seperti apa yang harus dilakukan seorang pemimpin untuk dapat meningkatkan kembali semangat atau motivasi kerja karyawaan dalam perusahaan?

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan

Tiap-tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang mereka bawa sejak lahir. Dan masing-masing mempunyai karakteristik yang khas pada tiap individu. Pemimpin sebuah perusahaan harus mampu mengenali kelebihan dan kekurangan karyawan mereka, untuk dapat memaksimalkan proses kinerja karyawaan.

Dalam pendekatan ini, pemimpin diharapkan mampu membantu karyawannya yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas agar dapat mengimbangi rekan-rekan yang lain dalam berprestasi.

 

 

Menumbuhkan Sikap Kekeluargaan

Rasa nyaman yang timbul dalam suatu perusahaan dapat tercipta jika seorang pemimpin mampu membawa karyawan dalam menjalin erat hubungan kekeluargaannya. Kenyamanan dalam suatu perusahaan sangatlah penting bagi mereka semua yang berada dalam lingkup tersebut.

Dengan melakukan gathering atau pertemuan rutin dalam setiap bulan guna untuk mengenal dan menjalin keakraban antara pemimpin terhadap karyawan, dan sebaliknya.

Menghargai Satu Sama Lain

Memberikan contoh yang baik bagi karyawaan adalah hal yang perlu dilakukan. Bahwa kenyataannya semua orang senang jika dipuji atau diberikan apresiasi atas pencapaian yang mereka buat. Memberikan feedback yang baik bagi mereka yang menjalankan tugasnya dengan benar, merupakan motivasi secara tidak langsung dalam meningkatkan kembali kinerja mereka. Baca juga tentang training sdm

Seorang pemimpin tidak melulu harus memberikan dalam bentuk materi untuk sebuah penghargaan, namun memberikan feedback yang baik bagi karyawaan dengan memuji kinerja mereka merupakan hal yang baik dalam memotivasi karyawaannya.

Sikap saling menghargai akan tumbuh dengan sendiri dengan feedback yang baik tersebut. Merespon dengan segera untuk hasil kerja yang karyawan kerjakan, sangat membantu mereka dalam belajar dan meningkatkan semangat lebih dengan motivasi yang pemimpin ciptakan. Dengan melakukan pujian atas hasil yang mereka capai, akan mempengaruhi kinerja mereka kedepannya.

Dan memberikan kesempatan bagi mereka atas ide-ide yang mereka buat, penting dalam mempertimbangkan dan menjalankannya jika hal tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan. Jika ide tersebut tidak sesuai, menolak dengan lembut dan memberikan masukan untuk pengembangkan ide selanjutnya merupakan hal yang benar untuk dilakukan.

Bahwa kenyataannya melakukan pekerjaan setiap hari dan dalam pekerjaan yang cenderung sama atau itu-itu saja dapat membuat karyawan mengalami tingkat kejenuhan yang tinggi. Dengan memberikan motivasi bagi karyawaan adalah hal yang memang harus dilakukan setiap pemimpin agar perusahaannya berjalan dengan baik.