Mengapa Integritas Penting Di Dunia Kerja

Manusia diciptakan dalam keadaan rohani yang baik, dan itulah dasar dari manusia, manusia adalah makhluk yang terlahir baik. Namun, dengan berkembang masa ke masa, manusia dibentuk oleh pemikiran-pemikiran terhadap sekitar. Lingkungan sangat berpengaruh atas perkembangan seseorang.

Memahami hal ini, seseorang dengan pertumbuhan atau perkembangan yang baik maka akan mengalami fase pencarian. Karena beberapa sifat manusia adalah selalu penasaran terhadap sesuatu, maka dengan begitu seseorang akan terus mencari hingga menemukan hasilnya.

Lalu, kenapa semua itu berpengaruh besar dalam kehidupan dan dunia pekerjaan mereka nantinya? Ini semua karena pada dasarnya integritas seseorang dilihat dari kehidupan pribadinya. Dimana nanti akan berpengaruh dalam dunia kerja.

Integritas sendiri mencakup kemampuan dari nurani manusia diantaranya adalah ketulusan, kejujuran, komitmen, dan lain sebagainya. Kesadaran akan komitmen dalam hidup juga berperan penting dalam dunia kerja.

Seorang pemimpin harus mempunyai integritas atas apa yang ia pimpin. Nilai-nilai seperti ini sangat penting bagi seorang pemimpin.

Karena integritas berjalan atas dasar konsistensi serta komitmen yang kuat di dalam diri seorang pemimpin. Jika nilai-nilai tersebut tidak dikembangkan dalam diri, maka bagaimana ia akan memimpin seseorang dengan baik dan benar untuk menjalankan sebuah perusahaan.

Komitmen

Komitmen adalah perjanjian atas diri sendiri maupun dengan orang lain yang harus bertanggung jawab atas tindakan apa yang kita janjikan. Hal ini akan berpengaruh dalam dunia kerja. Pemimpin yang baik memerlukan pegangan dalam bertindak.

Ini semua akan semakin kokoh jika dilandasi dengan konsistensi antara apa yang ia ucapkan sama dengan apa yang ia lakukan. Serta mampu menjaga hal tersebut dengan memiliki komitmen terhadapnya.

Seseorang dikatakan berhasil jika telah melalu pencapaian yang diinginkan. Setiap hal dalam hidup adalah sebuah pelajaran, begitu pula dengan komitmen yang terus terjaga sebagai pendirian seseorang.

Seseorang yang menepati atau memenuhi janji adalah seorang pemimpin yang kelak dapat dipercaya. Karena komitmen dimulai dari sebuah kata dan kemudian mewujudkannya dengan menjalani atau menepati kata tersebut.

Seorang sejati adalah mereka yang mampu menepati apa yang telah diucapkannya. Dan disinilah rasa percaya seseorang dan dari seorang yang lain timbul. Dalam dunia kerja, hal ini sangat penting untuk dimiliki tiap-tiap orang.

 

 

Sudah terlalu banyak perusahaan gagal karena anggotanya tidak mampu berkomitmen dengan benar. Pemimpin yang baik akan mencontohkan pada anggotanya dengan baik pula. Pemimpin yang memiliki integritas yang baik di dalam dunia kerja, ia akan dihormati dan secara langsung memberikan contoh terhadap anggotanya.

Memang sangat berat memiliki sikap seperti ini, dan belum tentu seseorang mengampu itu semua dalam dunia kerja. Karena kerasnya persaingan membuat semua orang kalang kabut dibuatnya.

Bertanggung jawab

Setelah komitmen, yang perlu dilakukan adalah bertanggung jawab. Komitmen hanya sebuah janji yang diolah dengan kata, maka memerlukan pertanggung jawaban atas apa yang diucapakan. Jika itu dalam dunia kerja maka sangat penting bagi seseorang memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang ia kerjakan. Baca juga training sdm

Sehingga tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Karena dalam dunia kerja tanggung jawab yang atas pekerjaan tiap-tiap orang memiliki tingkatan yang begitu rumit untuk dijelaskan.

Itu semua kembali pada diri masing-masing, karena seseorang dinilai berguna bagi sesama jika ia mampu bertanggung jawab dengan baik untuk diriya terlebih dahulu. Jadi, integritas dalam dunia kerja sangat mempengaruhi kinerja seseorang.