Membangun Tim Kerja Yang Kompak

Sebuah tim atau sekumpulan orang yang melakukan kegiatan pun pekerjaan yang membutuhkan satu sama lain untuk suatu pencapaian tertentu, diperlukan kerjasama yang baik dan kompak.

Untuk menciptakan suasana kerja yang baik memerlukan leader yang baik pula. Karena kinerja suatu perusahaan akan dinilai dari siapa yang memimpin.

Setelah itu akan terlihat dengan jelas bagaimana hasil pencapaian yang dipimpin tersebut dengan dampak terhadap kerjasama tim.

Dalam suatu perusahaan maupun organisasi memiliki tim kerja yang baik dan kompak dapat membuat suatu pekerjaan dalam sebuah perusahaan atau organisasi menjadi efektif.

Kinerja tim yang buruk dapat mempengaruhi pencapaian suatu organisasi maupun perusahaan tersebut, biasanya hal ini dikarenakan sebuah konflik yang terjadi dalam sebuah tim kerja tersebut.

Hal tersebut dapat terjadi oleh beberapa sebab yang biasa terjadi dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Dengan begitu memiliki sebuah tim kerja yang kompak diperlukan orang-orang yang mampu bekerja sama dengan baik. Dan memiliki seorang pemimpin dengan bijaksana dalam menyikapi semua hal yang akan terjadi merupakan hal paling utama.

Komunikasi Yang Baik

Bahwa memiliki anggota atau tim yang mampu berkomunikasi dengan baik adalah sebuah anugerah. Komunikasi yang baik akan berdampak pada suatu kinerja tim tersebut.

Sehingga masing-masing orang dapat memahami peran dan tugasnya. Serta dapat membantu anggota yang lain jika mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas mereka.

Komunikasi yang intensif satu sama lain memang sangat penting bagi sebuah tim. Buruknya komunikasi sebuah tim akan menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada pencapaian atau tujuan pekerjaan.

Dengan begitu, membangun komunikasi yang baik antar individu merupakan yang paling penting untuk diciptakan.

Kepercayaan

Sebuah tim harus mempunyai pondasi yang kuat agar dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kepercayaan disini memiliki peran yang penting, karena sebuah keyakinan atas apa yang anggota kerjakan untuk sebuah tim membawa mereka pada pencapaian yang maksimal.

Dan saling percaya satu sama lain adalah syarat mutlak yang harus dimiliki sebuah tim. Tidak ada sikap individual yang timbul dengan menciptakan kepercayaan satu sama lain.

Ini juga untuk menghindari terjadinya perselisihan antar anggota tim. Rasa percaya akan menciptakan ketegasan atas tugas masing-masing agar dijalankan dengan baik. Dengan begitu, kepercayaan merupakan pondasi yang kuat bagi sebuah tim.

Konsisten

Membangun tim yang kompak dan solid membutuhkan orang-orang yang mampu berkomitmen dalam pekerjaan. Komitmen merupakan dasar dari suatu tim, dimana nanti akan berujung pada kinerja sebuah tim dalam pencapain tertentu.

Komitmen yang kuat merupakan penopang suatu tim untuk sebuah hasil. Setelah dapat berkomitmen dengan suatu tim, para anggota memerlukan sikap konsisten.

Konsisten merupakan kemampuan tiap individu untuk terus berusaha dalam mencapai suatu tujuan yang harus diraih. Konsisten juga kegigihan tiap-tiap orang yang harus ditanamkan dengan baik.

Banyak tim gagal karena ketidak konsistenan seorang anggota. Seorang yang plin plan atau tidak mampu memanage usahanya dalam sebuah pencapaian akan berpengaruh besar dalam suatu tim.

Memiliki anggota seperti ini akan menyusahkan anggota yang lain yang sudah konsisten dalam tim. Sehingga mempunyai visi misi yang sama mempengaruhi konsisten seseorang dalam bekerja.

Dengan begitu memastikan di awal pembentukan sebuah tim diperlukan menyamakan visi misi agar semua anggota dapat konsisten dalam menjalankan peran dan tugasnya. Baca juga training sdm

Dengan beberapa hal di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap individu adalah unik, sehingga perbedaan-perbedaan pada tiap-tiap orang dapat menjadi kekuatan jika semua anggota mampu berkomunikasi dengan baik. Serta dipercaya dan mempercayai adalah pondasi sebuah tim kerja. Dan sebuah tim yang kuat adalah mereka yang mampu menghargai satu sama lain.